Quality Management // Kelompok 7

Quality Management atau Program Mutu adalah semua kegiatan dari fungsi manajemen keseluruhan yang menentukankebijakan mutu, tujuan, dan tanggung jawab, dan menerapkannya dengan menasseperti perencanaan mutu, kendali mutu, jaminan kualitas, dan peningkatankualitas dalam sistem mutu.

 

Tujuan Program Mutu:

  • Mempertahankan Mutu
  • Mengumpulkan Informasi
  • Memenuhi Persyaratan

Langkah Pengendalian Mutu:

  • Perencanaan Mutu
  • Pengendalian Mutu
  • Peningkatan Kualitas

Metode Pengendalian Mutu:

  • Pemeriksaan Dan Pengkajian
  • Inspeksi dan Pemeriksaan Peralatan
  • Melakukan Pengujian Dengan Sampling

 

TQM atau Total Quality Management adalah strategi manajemen yang ditujukan untuk menanamkan kesadaran kualitas pada semua proses dalam organisasi.

Lima Pilar TQM:

    1. Produk
    2. Proses
    3. Organisasi
    4. Pemimpin
    5. Komitmen

Unsur-unsur utama TQM:

  1. Fokus pada pelanggan.
  2. Obsesi terhadap kualitas.
  3. Pendekatan ilmiah.
  4. Komitmen jangka panjang.
  5. Kerja sama tim.
  6. Perbaikan sistem secara berkesinambungan.
  7. Pendidikan dan pelatihan.
  8. Kebebasan yang terkendali.
  9. Kesatuan tujuan.
  10. Adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan.

Prinsip-prinsip TQM:

  • Kepuasan Pelanggan
  • Respek terhadap Setiap Orang
  • Manajemen Berdasarkan Fakta
  • Perbaikan Terus-Menerus

Sistem Manajemen Mutu (SMM) (Quality Management SystemQMS) adalah kemampuan suatu organisasi dalam menjaga kualitas mutu dari jasa atau barang yang dilayankan.

ISO 9000 diperkenalkan pada tahun 1987, berisi dasar-dasar sistem manajemen kualitas dan spesifikasi terminologi dari SMM. ISO 9000:1987 kemudian direvisi menjadi 9000:1994 (tahun 1994). Pada 2000 diperkenalkan ISO 9001:2000 yang berisi persyaratan-persyaratan SMM (QMS Requirements). Versi 2000 tersebut pada 2008 direvisi menjadi ISO 9001:2008.

Varian dari ISO 9000/9001 adalah ISO 9002, 9003, dan 9004. Namun, yang paling populer adalah ISO 9001. Jika suatu perusahaan sudah memiliki sertifikasi ISO 9001, maka dapat dikatakan bahwa jasa atau barang yang dilayankan perusahaan tersebut sudah pasti memiliki mutu yang terjamin.

Dengan di revisi nya sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2008 menjadi ISO 9001 : 2015 terjadi beberapa perubahan –perubahan yang cukup signifikan dan salah satunya adalah perubahan prinsip manajemen mutu dari 8 menjadi 7 prinsip manajemen mutu.

7 Prinsip Manajemen Mutu ISO 9001:2015

  • Customer Focus
  • Leadership
  • Engagement of People
  • Process Approach
  • Improvement
  • Evidence-Based Decision Making
  • Relationship Management
Print Friendly, PDF & Email